Apa itu Dropship ?

Buat yang baru di dunia bisnis online, pasti sering mendengar istilah dropship atau reseller. Tapi seperti saya dulu, banyak yg bertanya-tanya, apa itu dropship. Apa beda dropship dengan reseller. Apa hubungan dropship dengan toko online.

Istilah dropship dan reseller mempunyai pengertian yang berbeda. Sama-sama membeli produk dari supplier untuk dijual, perbedaannya pada cara membeli produk dan otomatis perbedaan harganya. Bila reseller membeli barang dari supplier dengan jumlah barang tertentu hingga memperoleh diskon (karena membeli dalam jumlah besar), maka dropship tidak membeli barang terlebih dahulu. Yang dijual oleh dropshipper adalah barang yang sama dengan supplier tetapi otomatis harganya berbeda, karena dropshipper membutuhkan margin keuntungan.

Cara kerja dropship adalah dengan mengambil data dari supplier, dari gambar, keterangan maupun harga secara lengkap dan kemudian mengolah datanya sendiri sebelum diupload ke toko dropshipper sendiri. Toko online dropship ini bisa berupa toko di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shopee, blibli maupun marketplace lainnya, bisa berupa toko online di sosial media, seperti toko di instagram, di facebook, youtube, bisa berupa toko online web sendiri. Setiap bentuk toko online (marketplace, sosial media atau website) mempunyai kekebihan dan kekurangannya masing-masing.

Meski supplier dari dropshipper juga dari sesama toko online, tidak berarti toko online dropship tidak bisa laku. Bagaikan sebuah pasar yang besar seperti pasar Tanah Abang, pembeli juga tidak selalu bisa menemukan produsen / supplier utama sebuah produk di pasar Tanah Abang. Demikian juga dunia toko online di internet. Pembeli akan lebih cenderung membeli barang di tempat yang sudah biasa membeli, cepat ditemukan dan harga jadi pertimbangan kedua setelah barang yang diinginkan atau dibutuhkan ditemukan di sebuah toko online.

Jadi untuk para pemula dunia bisnis online, punya sedikit gambaran dengan apa itu dropship. Sebagai salah satu alternatif bisnis online yang bisa dijalankan oleh pemula bisnis online. Tidak perlu mempunyai ilmu pemrograman komputer, cukup bisa berinternet dan koneksi internet, usaha dropship sudah bisa dilakukan.

 

Ternyata Manusia Purba Tiba di Indonesia Lebih Awal

jenis jenis manusia purba dan gambarnya Orang pertama sebenarnya tiba di Indonesia ribuan tahun yang lalu sebelum yang diperkirakan sejauh ini. Mereka diduga menyaksikan letusan gunung berapi Toba lebih dari 71.000 tahun yang lalu. Tuduhan ini didasarkan pada temuan fosil gigi di Gua Lida Ajer, Sumatera Barat. Fosil ini menjadi bukti pertama kehidupan manusia di Indonesia sekaligus sebagai bukti pertama manusia yang menempati kawasan hutan hujan.

jenis jenis manusia purba dan gambarnya

jenis jenis manusia purba dan gambarnya

jenis jenis manusia purba dan gambarnya
Seperti dilansir Newsweek, pinggiran pesisir dinilai lebih aman dan memiliki sumber daya lebih baik dari pada kawasan hutan. Karena itu, peneliti telah lama berteori bahwa manusia purba mungkin tinggal di sepanjang pantai. Namun, bukti fosil yang baru dianalisis menunjukkan bahwa manusia purba berasal dari lingkungan hutan hujan. Hal ini memicu pertanyaan tentang bagaimana manusia purba bermigrasi setelah menduduki Afrika sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Ketika bukti fosil baru ditemukan, bagaimana dan kapan manusia yang tersebar di seluruh dunia menjadi pertanyaan yang semakin sulit dijawab. Misalnya, untuk pertama kalinya fosil Homo sapiens paling awal ditemukan baru-baru ini di Maroko. Maroko tentu jauh dari bagian selatan dan timur Afrika yang cenderung dianggap sebagai “tempat lahir manusia”.

Apabila kalian ingin mengetahui lebih lengkap lagi informasi tentang manusia purba  silahkan kunjungi https://kelasilmu.com/

Rumus Kubus Lengkap dengan Contoh Soal

Rumus Kubus Lengkap dengan Contoh Soal

Pembahasan mengenai rumus kubus mencakup banyak hal. Di antaranya adalah rumus volume kubus, rumus, luas permukaan kubus, bagaimana cara mencari sisi kubus, bagaimana cara mencari rusuk kubus, dan lainnya.

Bahkan, ada yang menggunakan istilah luas permukaan dengan mencari keliling kubus.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai kubus secara lebih detail, disertai dengan contoh soal dan pembahasannya. Selamat menyimak.

Berikut rumus kubus lengkap: volume, sisi, rusuk, luas permukaan dan contoh soal

Rumus Kubus Lengkap dengan Contoh Soal

Rumus luas permukaan kubus

Ada 6 sisi yang membentuk kubus, kesemua sisinya berbentuk persegi. Sebagaimana yang kita tahu, persegi memiliki panjang rusuk yang sama.

Rumus luas persegi adalah s x s atau s^2

Karena ada 6 sisi, maka rumus luas permukaan kubus adalah;

6 x luas persegi = 6s^2

Rumus volume kubus

Volume atau isi kubus dirumuskan dengan pangkat 3 dari sisi-sisinya. Kenapa?

Seperti yang kita tahu, rumus volume bangun ruang secara umum adalah luas alas kali tinggi. Alas kubus berbentuk persegi. Di mana luas persegi memiliki rumus:

L persegi = rusuk x rusuk = s x s

Selanjutnya, tinggi kubus juga merupakan tinggi dari sisi yang membentuknya. Yaitu persegi dengan rusuk yang sama pula.

Jadi, volume kubus = luas alas x tinggi = s x s x s = s^3

Mencari sisi kubus dari volume diketahui

Berikut adalah contoh soal mencari sisi dari sebuah kubus dengan volume kubus yang sudah diketahui;

Sebuah kubus ABCD.EFGH memiliki volume 27 cm kubik. Berapakah panjang rusuk kubus tersebut?

Jawaban:

Volume kubus = 27

S^3 = 27

S = akar pangkat 3 dari 27 = 3

Jadi, panjang rusuk kubusnya adalah 3 cm.

Mencari luas permukaan dari volume yang diketahui

Perhatikan contoh soal di bawah ini untuk memahami materi rumus kubus secara lebih komprehensif;

Sebuah kubus PQRS.TUVW memiliki volume sebesar 64 m kubik. Berapakah luas permukaan kubus tersebut?

Jawaban:

Volume kubus = 64 meter kubik

S^3 = 64

S = akar pangkat 3 dari 64

S = 4 meter.

Ditanya: Luas permukaan kubus?

Jawab:

LP =  6 x s^2

LP = 6 x 4 x 4

LP = 96 meter persegi

Note: untuk menjawab pertanyaan seperti di atas, Anda tetap harus mencari panjang rusuknya terlebih dulu. Juga sebaliknya, jika yang diketahui luas permukaan dan diminta mencari volumenya, Anda tetap harus mencari panjang rusuk, baru dimasukkan ke dalam rumus luas permukaan.

Terkadang pula, Anda diminta untuk mencari keliling dari sisi yang membentuk kubus. Maka jika ini sampai keluar soalnya, Anda perlu mengingat kembali rumus keliling persegi (bangun datar), yaitu 4 dikali s (panjang rusuk).

Informasi lenkap mengenai rumus kubus, bangun ruang dan bangun datar bisa Anda simak langsung di http://hindayani.com. agar lebih jelas, situs tersebut juga menyediakan contoh soal dalam bentuk pdf.