6 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Pria Wanita

Asam jawa, siapa yang tak ketahui keliru satu bumbu populer didalam sejumlah hidangan nusantara yang satu ini. Wangi-wangiannya yang khas disertai bersama dengan rasa asam manisnya yang fresh jadi penggugah selera didalam sejumlah sajian. Tapi terbukti asam jawa yang didunia internasional lebih diketahui bersama dengan nama tamarin ini termasuk mempunyai banyak khasiat. Dan kali ini kami akan berbagi sejumlah faedah asam jawa untuk kesehatan yang kudu Anda kenal.

Berdasarkan sejumlah sumber, dikenal bahwa asal muasal tanaman asam jawa justru berasal berasal dari Afrika. Kemudian menyebar ke wilayah Asia terpenting wilayah beriklim tropis. Sampai akibatnya tumbuh sebagai keliru satu tanaman endemik yang bersama dengan gampang Anda jumpai di bermacam wilayah tropis Asia layaknya Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan India. Rasa asam segarnya dioptimalkan oleh masyarakat kurang lebih sebagai keliru satu bumbu masak.

Tapi terbukti yang tak banyak orang kenal, asam jawa termasuk secara tradisional diterapkan sebagai bahan baku pengobatan tradisional. Mungkin di Indonesia, bilapun umumnya diketahui oleh orang lazim cuma kunir asam, ramuan jamu yang menggabungkan khasiat kunyit bersama dengan asam jawa.

Nah, bagaimana menurut anda asam jawa untuk jamu herbal kita semua. Tentu saja ini sangat membantu kita ketikan mencari jamu herbal berkualitas untuk tumbuh kembang kita. Selain itu juga perlu sedikit alat kesehatan yang baik untuk membantu kita menjadi lebih baik lagi dikemudian hari nanti.

Langsung, apa sebetulnya faedah asam jawa sebetulnya? Padahal asam jawa berasal berasal dari wilayah tropis, terbukti sejumlah riset telah banyak dioptimalkan untuk menilik lebih didalam faedah asam jawa untuk kesehatan. Dan sejumlah fakta berkaitan faedah asam jawa hal yang demikian antara lain:

1. Salah satu sumber serat tinggi
Seandainya Anda memperhatikan wujud berasal dari buah asam jawa, komponen daging dalamnya mempunyai wujud yang sama serat yang merekat bersama dengan gel pekat. Formatnya yang unik ini menciptakan asam jawa mempunyai kadar serat yang tinggi yang lazim disebut bersama dengan non-starch polysaccharide (NSP) atau kami lebih memahaminya sebagai polisakarida non pati, termasuk gum, pectin, tannin, hemiselulosa dan musilase.

Eksistensi fiber yang kaya ini akan sungguh-sungguh tepat sasaran menolong menaikkan kwalitas kesehatan metode pencernaan, termasuk menjaga rasa kekenyangan lebih lama, mensupport lancarnya pembuangan feses, menolong mengoptimalkan absorpsi gizi, menarik dan meresap lebih banyak toksin dan endapan lemak didalam usus dan membuangnya lewat feses.

2. Menjaga kesehatan jantung
Dalam asam jawa ditemukan sejumlah komposisi fitonutrient yang berprofesi sebagai anti oksidan. Ucap saja tannin, polifenol, limonene,tartaric acid, geraniol, methyl salicylate, pyrazine safrole, cinnamic acid, alkyl¬thiazoles dan sebagian ragam anti oksidan lain. Kecakapan polifenol yang paling tampak sebab memberi pengaruh tertentu didalam meresap lemak jahat dan ragam LDL atau kolesterol jahat yang terendap didalam aliran darah.

Kecuali kadar fitonutrient di didalam asam jawa, faedah asam jawa untuk kesehatan peredaran darah termasuk dapat Anda temukan berasal dari khasiat kadar potasium dan vitamin C di dalamnya. Keduanya diketahui menolong membetuli kesehatan dinding pembuluh darah, membetuli komposisi darah dan menstimulus aliran darah.

Berdasarkan journal PLOS one, diceritakan terhadap In Vivo Biochemical plus Gene Expression Analyses of the Antioxidant Activities plus Hypocholesterolaemic Properties ofTamarindus indica Fruit Pulp Extract dibuktikan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam jawa setidaknya 3 – 5 bongkah tiap-tiap harinya akan turunkan risiko serangan jantung setidaknya 40% berasal dari terhadap mereka yang tak mengonsumsinya.

3. Menyelesaikan anemia
Warna asam jawa yang condong gelap kecoklatan terbukti bersumber berasal dari kekayaan zat besi dan magnesium yang terdapat di didalam asam jawa. Kandungan zat besi di dalamnya menempuh 19% keperluan tubuh normal.

Kadar iron yang tinggi menjadikannya berkhasiat untuk menyelesaikan anemia, keadaan di mana kadar sel darah merah didalam darah tak memadai untuk menghantarkan oksigen ke semua tubuh. Kandungan magnesium di didalam asam jawa bagus untuk mensupport sinergi faedah otot, sel-sel tubuh dan darah didalam melakukan faedah dan tugas berasal dari tiap-tiap organ dan jaringan.

4. Menolong membetuli faedah syaraf
Ternyata, Anda termasuk dapat menerima faedah asam jawa didalam membetuli kerusakan syaraf dan menolong menstimulus kesehatan syaraf. Ada sejumlah bagian didalam asam jawa yang ternyata memberi faedah kepada kesehatan syaraf, menjadi berasal dari magnesium, sejumlah kadar vitamin B dan sebagian ragam fitonutrien layaknya cinnamin acid dan senyawa alkyl-thiazoles.

5. Sebagai stimulus imun dan antibiotik natural
Di didalam asam jawa terdapat sejumlah bagian layaknya lupeol, cinnamic acid, salisilat dan sejumlah kadar lain yang ternyata berprofesi menolong menaikkan kekuatan lawan tubuh kepada kuman, virus dan mikroba membahayakan. Kecuali keliru satu review didalam jurnal Tamarindus Indica plus its health related effect yang dapat Anda jumpai didalam Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2014.

Kecuali itu kadar asam askorbat atau vitamin C dan asam tartarin didalam asam jawa termasuk berprofesi tepat sasaran melawan inkubasi kuman dan virus, mensupport peredaran darah menuju faedah imun dan menstimulus sel-sel didalam metode imun berprofesi lebih tepat sasaran.

6. Menolong kurangi berat badan
Kandungan fiber didalam asam jawa memberi faedah untuk meresap endapan lemak didalam usus dan zona perut untuk ikut dibuang bersama dengan feses. Asam jawa termasuk mempunyai kandungan hidroxycitryc acid (HCA) yang berprofesi menghalangi enzim didalam hati yang bermanfaat menyusun cadangan lemak.

Dalam web organicsfacts termasuk dibongkar bahwa kadar asam tartarin berprofesi mensupport produksi serotonin yang bagus untuk turunkan selera makan. Ini memberi faedah ganda berasal dari asam jawa untuk menolong turunkan kadar lemak tubuh.

Inilah Cara Terampuh Untuk Melangsingkan Tubuh

 

cara melangsingkan tubuh

Inilah Cara Terampuh Untuk Melangsingkan Tubuh. Memang setiap orang khususnya wanita pasti sangat mendambakan mempunyai bentuk tubuh yang indah, langsing, dan ideal. Sehingga kebanyakan orang akan mencari cara untuk bisa melangsingkan tubuh. Nah, salah satu cara untuk melangsingkan tubuh yaitu dengan mengganti kebiasaan mengkonsumsi makan yang tinggi akan lemak dan kalori dengan makanan yang rendah akan lemak dan rendah juga akan kalori. Tentunya buah-buahan merupakan makanan yang rendah akan lemak dan kalori, tapi kaya akan serat ini sangatlah tepat untuk membantu melangsingkan tubuh anda. Namun perlu diketahui tidak semua buah-buahan bisa menurunkan berat badan, karena setiap buah mempunyai peran dan fungsi yang berbeda. Berikut ini beberapa cara terampuh untuk melangsingkan tubuh dengan buah :

Melangsingkan Tubuh Dengan Buah Kiwi

Buah kiwi ini memang sudah dikenal dalam daftar makanan untuk diet. Karena buah ini mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membuat nafsu makan menjadi berkurang. Apalagi buah ini juga sangat baik untuk pencernaan. Dengan begitu apabila anda mengkonsumsi buah kiwi ini akan dapat membantu untuk melangsingkan tubuh anda. Bahkan cara mengkonsumsi buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau anda jadikan jus segar.

Caranya : Langkah awal menyiapkan terlebih dahulu 2 Buah Kiwi, 1 Mentimun, ½ Jeruk Nipis, dan Daun Mint secukupnya. Kemudian kupas buah kiwi dan mentimun lalu cuci sampai bersih dengan air. Selanjutnya blender semua bahan tersebut. Setelah itu, tuang kedalam gelas dan jus segar buah kiwi untuk melangsingkan tubuh bisa dinikmati.

Melangsingkan Tubuh Dengan Buah Nanas

Memang buah nanas ini temasuk buah yang unik, sebab buah ini bebas akan kolesterol dan lemak. Apalagi buah ini kaya akan antioksidan, serat, mineral, vitamin, dan lainnya. Sehingga program diet anda akan memungkinkan berhasil, dengan mengkonsumsi buah nanas ini. Bahkan hebatnya lagi buah ini memiliki kandungan air 85% yang dapat membuat perut tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama, jadi nafsu makan pun akan berkurang.

Bahkan anda juga bisa melangsingkan tubuh dengan mengkonsumsi Langset. Produk yang satu ini merupakan produk pelangsing dengan rasa blackcurrent yang terbuat dari bahan alami yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Produk pelangsing ini pun sangat aman untuk dikonsumsi sebab sudah memperoleh izin dari BPOM. Selain itu, masih banyak juga manfaat lainnya yang akan anda peroleh jika mengkonsumsi produk ini secara teratur.

Langkah Tepat Dalam Tumbuh Kembang Bayi Yang Perlu Diambil

Ketika bayi masih dalam masa tumbuh kembang bayi, masih perlu dilakukan berbagai hal yang bertujuan untuk membuat bayi lebih cepat berkembang sekaligus untuk memastikan bayi sehat selalu. Beragam hal yang harus dipikirkan ini sangat penting bagi pertumbuhan bayi nantinya seperti kecepetannya dalam mempelajari sesuatu hingga bagaimana membuat bayi tetap sehat karena memang bayi sangat rentan terkena penyakit. Sehingga orang tua perlu melakukan berbagai langkah sehingga bayi mendapatkan segala yang dibutuhkannya untuk berkembang dan menjaga kesehatan tubuhnya. Dan berikut ini beberapa langkah tepat yang bisa dilakukan untuk membantu pertumbuhan bayi baik dalam perkembangan tubuhnya maupun kesehatannya.

hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung tumbuh kembang bayi yang baik

  • Memberikan ASI eksklusif

Untuk membuat bayi semakin sehat dan bisa mengembangkan segala kemampuan tubuhnya seperti motorik dan otaknya, perlu dibantu dengan asupan bernutrisi dari orang tuanya. Dalam hal ini tentu saja ibu harus selalu memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam perkembangan tubuhnya hingga menjaga kesehatannya. Karena memang dalam ASI sudah terkandung berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh bayi dan sulit didapatkan dari makanan lainnya.

  • Menjaga kesehatan kulit

Untuk memastikan bayi bisa melakukan kegiatan yang terus bersentuhan dengan kulitnya dan menjaga kulitnya tetap sehat, perlu diberikan berbagai macam perlakuan untuk melindungi bayi. Karena itu selalu gunakan produk Zwitsal Baby yang cocok karena tidak menimbulkan iritasi pada bayi dan dapat melindungi bayi dari berbagai macam masalah kesehatan yang mungkin dating. Hal ini mutlak diperlukan untuk memastikan bayi tetap terjaga kesehatannya.

  • Memberikan imunisasi

Ketika sudah waktunya, bayi perlu diberikan beberapa vaksin imunisasi sehingga terhindar dari beragam penyakit berbahaya yang dapat menyerang bayi hingga dewasa nanti. Bayi akan terlindung sepenuhnya dari beberapa jenis penyakit yang cukup mematikan bagi bayi tersebut karena memang imunitas pada tubuh bayi yang masih terbilang sangat rendah.

Demikian beberapa langkah tepat yang bisa diambil untuk membantu tumbuh kembang bayi lebih sehat dan dapat mempelajari banyak hal baru dengan cepat tanpa permasalahan.

referensi artikel masa tumbuh kembang bayi https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/cara-sederhana-ayah-mendukung-tumbuh-kembang-bayi

Jenis Sakit Mata dan Cara Mengobatinya Dengan Obata Tradisional

Obat sakit mata tradisional harus menjadi salah satu pilihan Anda saat Anda mengalami sakit mata. Karena obat tradisional adalah obat yang dibuat dengan bahan alami dan lebih aman dari berbagai jenis obat kimia. Selain itu, risiko mengalami gangguan lain karena obat kimia juga bisa dihindari karena bahan yang digunakan obat sakit mata tradisional tentu lebih aman.

Pada dasarnya, sakit mata bisa disebabkan oleh banyak hal, dan nyeri bervariasi. Secara umum, bisa jadi keluhan saat sakit mata adalah mata yang panas, menyakitkan, menyakitkan, atau berat sehingga bisa membuat penglihatan kurang jelas. Sakit mata bisa disebabkan oleh alergi, infeksi atau kekurangan cairan, sehingga mata akan terasa kering dan sakit. Bila Anda mengalami gejala seperti itu, kebanyakan orang mungkin lebih suka tetes mata seperti yang diiklankan di televisi. Selain lebih mudah digunakan, harganya juga cukup terjangkau. Namun, jika ternyata obat penghilang rasa sakit tradisional itu lebih aman, kenapa tidak coba? Jadi, untuk mengetahui lebih banyak tentang berbagai jenis obat mata tradisional dengan rasa sakit, inilah penjelasan lengkap.

Seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya, sakit mata ada beberapa jenis. Beberapa disebabkan oleh infeksi kotoran dari luar mata, alergi karena hal-hal tertentu, dan beberapa disebabkan karena kekurangan cairan. Selain itu, ada juga gangguan mata yang terjadi karena pada umumnya Anda sangat terkonsentrasi dan Anda terlalu banyak melihat benda sehingga jarang berkedip. Misalnya saat mengerjakan komputer, mainkan gadget, menonton televisi dan banyak lagi. Hal itu bisa membuat mata Anda kering dan sakit. Nah, cara mudah mengatasi rasa sakit di mata saat Anda mengalami gejala kecil yang telah dijelaskan, adalah cara termudah. Bila Anda mengedipkan mata, akan ada proses pelumasan di mata Anda sehingga mata Anda tidak lagi kering karena kekurangan cairan.

Masih ada beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi dengan obat sakit mata tradisional. Diantaranya adalah karena kurang tidur, yang biasanya juga bisa membuat mata menjadi hangat, sakit dan sakit. Kurangnya asupan gizi dan melemahnya sistem kekebalan tubuh bisa membuatnya mudah terinfeksi orang dengan nyeri mata. Penyakit yang disebut serig panggilan “belekan” oleh orang Jawa adalah salah satu yang paling mungkin terjadi. Biasanya mata Anda menjadi sangat merah, Anda merasa sakit di sekitar mata Anda, kepala Anda terasa pusing dan mata Anda akan sedikit banyak berkaca-kaca. Penyakit ini bisa terjadi dengan waktu yang lama. Bahkan bisa sebulan sebulan belum sembuh jika obat yang digunakan tidak sesuai atau tidak sesuai.

Nah, jika obat kimia tidak dapat lagi membantu Anda mengatasi berbagai kelainan mata atau penyakit Anda, Anda mungkin ingin mencoba obat penghilang rasa sakit tradisional yang mungkin lebih kuat daripada obat yang telah Anda gunakan sejauh ini. Cobalah memakai kacamata baca saat anda sakit mata. Dan inilah cara melakukan pengobatan tradisional untuk merawat mata Anda:

1. Sediakan daun daun sirih. Setelah itu, cuci daun sirih sampai benar-benar bersih. Setelah itu, rebus daun sirih sampai mendidih dan tambahkan sedikit garam.
Angkat dan tunggu hingga mendingin. Nah, setelah itu, saring ramuannya dengan lap bersih.

Sekarang obat Anda untuk sakit mata tradisional sudah berakhir. Dan untuk cara merawat matamu, gunakan ramuan air tradisional untuk mambasuh mata sakitmu tiga kali sehari. Lakukan dengan serius dan tekun agar sakit mata anda tidak memburuk dan akan segera sembuh. Ramuan tradisional juga bisa membuat obat sakit mata tradisional Anda lebih aman daripada obat kimia.

Beberapa Menu Makanan untuk Pendamping ASI

Saat yang pas untuk memberi makanan pendamping ASI pada bayi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu waktu bayi berumur 6 bln.. WHO juga mereferensikan makanan yang didapatkan mesti mencukupi dengan jumlah serta nutrisi yang diperlukan bayi pada umur itu.

WHO merekomendasikan makanan pendamping ASI yang didapatkan mesti mempunyai kandungan daya, protein, serta mikronutrien yang seimbang. Hal itu perlu untuk bayi yang tengah alami masa perkembangan. Diluar itu, penyajian makanan seyogyanya dikerjakan lewat cara yang higienis untuk meminimalisir resiko terkontaminasi bakteri serta kotoran.

Beberapa Menu Makanan untuk Pendamping ASI

Berikan Makanan Pendamping ASI Mesti Sabar

Tidaklah heran bila bayi belum juga dapat segera konsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) sesuai sama harapan orangtua. Di masa-masa ini, berilah saat yang cukup pada Buah Hati untuk belajar nikmati makanan terkecuali air susu ibu atau susu formula.

Masa evaluasi ini lumrah mengingat sepanjang awal-awal kehidupannya dimana anda disibukkan dengan mempersiapkan semua perlengkapan bayi baru lahir, dan Si Kecil senantiasa diberi ASI atau susu formula. Mengingat rutinitas itu, lumrah bila lalu bayi menampik makanan terkecuali yang umum mereka makan. Waktu bayi menampik atau tidaklah terlalu tertarik dengan makanan yang didapatkan, orangtua tidaklah perlu cemas. Orangtua cuma butuh bersabar karna sistem penyesuaian ini akan tidak berjalan lama. Perkenalkan makanan baru satu per satu. Tunggulah sekian hari sebelumnya Si Kecil diperkenalkan dengan makanan baru selanjutnya. Dengan hal tersebut, orangtua bisa mengidentifikasi makanan apa sajakah yang bisa mengakibatkan alergi pada Si Bayi.

Kesabaran orangtua perlu mengingat ini adalah masa transisi dari ASI dengan exclusive menuju makanan padat. Masa peralihan ini sendiri adalah saat yang begitu rawan. Bila masa ini tidak dapat dilewati dengan mulus, jadi bayi dapat alami kekurangan gizi.

Bila hingga berlangsung kekurangan gizi, jadi hal itu juga akan menyeret bayi masuk ke grup anak-anak umur dibawah lima th. di semua dunia yang alami gizi jelek.

Menu Makanan Pendamping ASI yang Direkomendasikan

Mungkin saja banyak orangtua yang bingung memastikan menu apa yang cocok diberi jadi makanan pendamping ASI. Sebagian dasar berikut ini mungkin saja dapat jadikan patokan untuk menangani kebingungan itu.

  1. Awalilah dengan makanan sederhana
    Makanan simpel disini tujuannya yaitu makanan yang di buat cuma dari satu bahan tanpa ada penambahan gula atau garam. Dianjurkan untuk menanti 3-5 hari sebelumnya memperkenalkan makanan baru selanjutnya. Begitu, bila Si Kecil alami reaksi berbentuk muntah, diare atau ruam, orangtua dapat dengan gampang ketahui pemicunya. Selekasnya hentikan pemberian type makanan sebagai penyebabnya penyakit itu.
  2. Sereal bayi
    Makanan pendamping ASI yang lain yang dapat diberi pada bayi yaitu sereal. Sereal beras adalah makanan sebagai pilihan banyak orangtua. Mengenai untuk membuatnya cukup hanya mencampurkan sesendok makan sereal dari biji-bijian dengan 60ml ASI atau susu formula. Kesabaran beberapa orangtua kembali sekali lagi ditest dalam menahan godaan tidak untuk memberi sereal dengan botol susu. Hal semacam ini umumnya dikerjakan terlebih karna sereal cepat mengental. Yang baiknya dikerjakan yaitu menolong Si Kecil duduk tegak serta menyuapinya dengan sendok kecil. Kerjakan hal semacam ini sejumlah satu atau 2 x sehari-harinya.
  3. Bubur daging, sayur, atau buah
    Ketika bayi telah akrab dengan makanan pendamping ASI, orangtua dapat teruskan dengan memperkenalkan bubur yang terbuat dari daging, sayur, atau buah. Pengenalan bubur type inipun baiknya dikerjakan dengan bertahap. Supaya bayi tidak kaget, perputarankan bubur yang terbuat dari daging, sayur, atau buah setiap lima kali penyajian satu type makanan. Baiknya bubur yang dihidangkan tidak memiliki kandungan garam atau gula.
  4. Makanan dicincang halus
    Sebagian besar dari bayi yang berumur 8-10 bln. telah dapat konsumsi makanan padat yang dicincang halus dalam jumlah mini. Sebagian makanan yang dapat dihidangkan dengan langkah tersebut yaitu buah-buahan yang memiliki tekstur lembut, sayuran, pasta, keju, serta daging masak. Frekwensi pemberian makanan pendamping ASI juga akan bertambah bersamaan umur bayi mendekati umur satu tahun. Mereka mungkin telah dapat terima makanan 3x satu hari. Diluar itu, orangtua mungkin saja juga telah dapat memberi camilan berbentuk potongan kecil atau tumbuk pada Si Kecil.

Memberi makanan pendamping ASI adalah satu diantara kunci pendukung perkembangan serta perubahan bayi. Oleh karenanya, orangtua baiknya mempersiapkan makanan itu dengan sebagus serta sebergizi mungkin saja.

Cara Mengurangi Mata Minus

Cara Mengurangi Mata Minus

1. Makan makanan yang memberi nutrisi pada mata, terutama suplemen mata.

Cara mengurangi mata kurang ini adalah cara yang paling hemat biaya karena hasilnya berguna untuk kesehatan tubuh Anda, tidak hanya untuk mata saja. Mata membutuhkan vitamin A, ß-karoten, vitamin E, seng dan beberapa nutrisi lainnya agar berfungsi dengan baik. Menjaga kesehatan mata membutuhkan asupan gizi yang cukup tinggi sehingga cukup sulit untuk memenuhi makanan sehari-hari dan harus didukung oleh asupan suplemen seperti:

1Supplement Kalsium dan vitamin A memiliki daya serap tinggi dan berkualitas tinggi.
Suplemen zinc organik aman bagi tubuh
Suplemen ß-karoten berkualitas tinggi dan vitamin E (Vitaline)
Cara mengurangi sedikit mata

Selain ketiga suplemen ini kini hadir produk revolusioner di bidang sel punca / sel induk yang disebut Firaxis I-DNA Octo Stem 35. Produk ini akan mengaktifkan kembali sel induk dari area mata untuk mengurangi mata kurang. Octo 35 juga akan mengaktifkan sel induk ke seluruh tubuh sehingga tidak hanya mata yang akan diperbaiki tapi juga seluruh bagian tubuh. Hal pertama yang Anda rasakan adalah kulit yang lebih halus di sekitar tubuh.

Batang Octo 35
Firaxis I-DNA Octo Stem 35
Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut tentang Minus Eye Packages

Makanan harian untuk menjaga kesehatan mata:

Wortel, kaya akan vitamin A dan ß-karoten.
Salmon kaya omega-3.
Alpukat, kaya akan lutein.
Cholies dan bayam, mengandung lutein, zeaxanthin dan vitamin C.
Telur, mengandung lutein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, seng dan protein.
Tomat, kaya akan vitamin A, vitamin C dan lycopene.
Tiram, kaya seng (zinc).
Jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan nutrisi lengkap, disarankan untuk meningkatkan asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen.

2. Lepas kacamata jika tidak diperlukan.

Saat memakai frame kacamata minus, mata terbiasa memusatkan perhatian pada bagian tengah lensa (pusat kacamata), sehingga otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk melihat ke arah lain. Anda bisa mencoba menunjukkan pada diri sendiri, saat Anda memakai kacamata, Anda akan memosisikan leher Anda lebih banyak untuk melihat sekeliling Anda daripada menggerakkan mata Anda. Selain itu, dengan mengeluarkan kacamata, juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

3. Ganti subjek Anda sesering mungkin.

Jika Anda sering melihat benda untuk waktu yang lama, otot mata Anda akan menjadi kaku, oleh karena itu, ubah benda yang terlihat sesering mungkin, misalnya: setelah melihat layar komputer, sorot mata ke jendela atau halaman Anda selama beberapa saat. Sesaat, lalu lagi melihat komputer.

4. Sering melihat benda jauh, terutama yang hijau.

Benda yang hijau diyakini memiliki dampak positif pada mata, jadi cobalah pergi ke gunung dari waktu ke waktu untuk melihat pepohonan. Jika dianggap tidak mungkin karena kendala waktu, sering melihat benda yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata.

5. Latih mata Anda dengan melihat benda yang bergerak.

Cara mengurangi mata Anda kurang ini bisa dilakukan dengan melihat kendaraan yang lewat di jalan, namun jika merasa kurang nyaman atau berbahaya, Anda bisa menggantinya dengan bola pingpong yang dibalut benang. Saksikan bola pingpong yang seimbang dari kejauhan tidak terlalu dekat dengan matamu.

6. Biasakan menyisihkan 15 menit setiap jam pada mengisitirahatkan mata

Jika rutinitas mengharuskan Anda sering menatap layar komputer, biasakan untuk mengistirahatkan mata dengan pandangan minimal 15 menit per jam. Ini akan sangat menghindari peningkatan mata negatif Anda.

7. Lakukan terapi daun sirih.

Daun sirih memiliki berbagai khasiat, salah satunya adalah dengan menghilangkan kotoran, mengobati iritasi, kuman mematikan dan jamur di mata. Cara melakukan terapi daun sirih adalah:

Ambil 2 lembar daun sirih.
Cuci dengan baik (jangan didihkan karena akan mengeluarkan zat yang dikandungnya).
Menempelnya ke kelopak mata sebelum tidur (Anda bisa menggunakan bantuan plester untuk menempel pada mata).
Di pagi hari, lepaskan daun sirih dan cuci muka.

8. Lakukan terapi lilin.

Terapi lilin bisa digunakan untuk membantu mata menghilangkan kotoran melalui air mata. Cara melakukan terapi lilin adalah:

Ambil lilin dan nyalakan.
Lihatlah lilin tanpa berkedip sampai matamu banyak air mata.
Lakukan sekitar 4x seminggu.