Cara Memotret Time Lapse

Di antara berbagai macam teknik fotografi yang ada, time lapse merupakan salah satu yang cukup populer. Kamu pasti sudah sering melihat foto yang menunjukkan perpindahan waktu dari pagi, siang, ke malah, bukan? Menurut rental kamera Jogja murah, itulah yang disebut teknik fotografi time lapse. Cara memotret time lapse merupakan teknik pengambilan foto yang memakai interval waktu tertentu untuk mendapatkan beberapa frame foto dalam satu momentum dan satu sudut pandang.

Jika ingin membuat foto time lapse yang bagus, maka kawan-kawan terlebih dahulu harus menentukan objek yang akan dipotret. Time lapse sendiri biasanya menunjukkan objek yang bergerak dengan lambat seperti awan, bintang, dan fenomena alam lain. Kamu yang sering travelling bisa memilih pegunungan, lautan, maupun daratan untuk membuat foto time lapse.

Menurut sewa go pro Jogja, cara memotret time lapse untuk bisa menghasilkan gambar yang sempurna adalah dengan memakai tripod. Selain tidak membuat tanganmu lelah, tripod gambar yang dihasilkan terlihat stabil karena kameranya tidak mudah goyang. Selain itu, kamu perlu menentukan framing yang bagus agar jepretan time lapse yang dihasilkan terlihat sempurna.

Memotret time lapse bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. Nah, jika kamu ingin melakukannya secara otomatis, kamu perlu mengatur mode aperture priority terlebih dahulu untuk mendapatkan pencahayaan yang pas. Gunakan ISO tinggi jika suasana sedang redup dan ISO rendah untuk suasana terang. Agar hasilnya lebih maksimal, jangan lupa juga untuk mengatur white balance.

Alat bantu seperti intervalometer juga diperlukan jika kamu menggunakan cara memotret time lapse secara otomatis. Aturlah intervalometer sesuai dengan kebutuhan misal 10 foto dalam satu menit. Kamu juga harus menekan auto exposure lock agar kamera bisa melakukan pengaturan cahaya dengan otomatis. Kemudian tekan tombol shutter dan pakailah aplikasi untuk membuat kumpulan foto tersebut menjadi video seperti Quick Time Pro.

Cara memotret time lapse secara manual prosesnya hampir sama dengan melakukannya secara otomatis, bedanya hanya kamu tidak perlu menggunakan intervalometer. Sebagai gantinya, kamu akan memakai interval timer shooting yang ada pada shooting menu di kamera. Dengan mengatur fitur ini, kawan-kawan bisa mendapatkan gambar yang sesuai keinginan.