Uniknya Alat Musik Tradisional dari Papua Barat

Papua Barat terdapat di ujung barat pulau papua. Propinsi yang beribukota di Manokwari ini terbagi dalam 12 kabupaten serta 1 kota, yakni kabupaten Manokwari, Raja Ampat, Fakfak, Pegunungan Arfak, Maybrat, Manokawari Selatan, Kaimana, Sorong, Teluk Wondana, Tambrau, Kota Sorong, Sorong Selatan serta Teluk Bintuni.

Alat Musik Tradisional Papua Barat

Alat Musik Tradisional Papua Barat
Gambar Alat Musik Tradisional Papua Barat

Keindahan alam Papua Barat sangatlah populer di Indonesia bahkan juga di dunia. Sebut saja di Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan sebuah rangkaian atau gabungan dari pulau-pulau yang saling berdekatan yang berada di wilayah sisi barat Kepala Burung Pulau Papua. Keindahan alam Kepulauan Raja Ampat ini sangatlah populer serta dapat Sahabat saksikan pada photo tersebut :

Tapi artikel kesempatan ini kita belum juga juga akan mengulas keindahan Raja Ampat Sahabat, sabar ya… satu waktu tentu alatmusik.org juga akan mengulas beberapa tempat wisata yang indah di Indonesia. Kesempatan ini kita juga akan mengulas tentang alat musik tradisionil dari Propinsi Papua Barat.

Segera saja Sahabat, kita simak alat musik tradisionil Papua Barat di bawah ini :

1. Guoto

Alat Musik Tradisional Papua ini memiliki nama yaitu Guoto, alat musik ini merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara dipetik dan bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah sebuah kulit lembu yang sudah di proses sedemikian rupa. Alat musik Guoto dibunyikan lewat cara dipetik pada senar/dawainya.

2. Triton

Bukan sekedar di Propinsi Papua, di Papua Barat kita bisa menjumpai alat musik tradisionil yang terbuat dari kerang, namanya yaitu Triton. Triton yaitu alat musik tradisionil orang-orang Papua. Triton dimainkan lewat cara ditiup. Alat musik ini ada di semua pantai, terlebih di daerah kepulauan Raja Sangat, Wondama, Waropen, Yapen, Nabire, dan Biak. Awalannya, alat ini cuma dipakai untuk fasilitas komunikasi atau jadi alat panggil/penanda. Setelah itu, alat ini dipakai jadi fasilitas hiburan serta alat musik tradisionil

3. Yi

Sama seperti triton, alat musik tradisionil YI awal mulanya dipakai jadi alat komunikasi yakni berperan untuk menyebut masyarakat. Tetapi bersamaan perubahan, yi dipakai juga untuk menemani tarian daerah Papua.

Alat musik tradisionil yi, yaitu alat musik tiup yang di buat dari kayu serta bambu.

4. Tifa

Terkecuali Triton, Tifa dapat juga didapati di Propinsi Papua Barat. Terkecuali di Pulau Papua, tifa ada juga di daerah Maluku. Tifa serupa dengan alat musik gendang yang dimainkan lewat cara dipukul. Alat musik ini adalah alat musik yang bahan untuk membuatnya adalah terbuat dari bahan kayu yang nantinya pada bagian tengahnya akan dibuang, lalu pada salah satu sisinya yang berlubang akan ditutup oleh kulit rusa yang sudah diproses dengan cara dikeringkan, kulit rusa ini akan membuat suara yang dihasilkan oleh Tifa akan menjadi indah. Bentuknyapun umumnya di buat dengan ukiran. Tiap-tiap suku di Maluku serta Papua mempunyai tifa dengan keunikan nya semasing.

5. Pikon

Alat musik tradisionil Pikon dari Papua Barat memiliki ukuran kecil, lebih kurang cuma sebesar genggaman orang dewasa. Memiliki bentuk bulat lonjong serta terbuat dari sebilah bambu. Di bagian tengah potongan bambu, ada seutas tali yang dipasang kencang serta terikat pada sepotong lidi penggetar. Hal semacam ini ditujukan supaya pada saat lidi sisi pangkal ditarik, potongan penggetar juga akan bergetar serta pada akhirnya juga akan keluarkan nada.

6. Krombi

Alat musik ini terbuat dari bambu. Krombi merupakan alat musik tradisional yang paling sering digunakan untuk mengiringi tari-tarian daerah yang dimiliki oleh Papua. Alat musik ini umumnya dimainkan dengan memakai satu kayu kecil lantas diketuk-ketuk pada bambu itu