3 Cara Agar AC Rumah Awet

Iklim tropis di Indonesia, membuat suhu udaranya begitu hangat serta lembab sepanjang tahun. Kondisi demikian tentu memberikan sinyal untuk memasang AC di setiap rumah yang menginginkan kesejukan di ruangannya. Hadirnya AC tentu sangat pas untuk menghalau udara panas atau gerah yang melekat, meskipun dengan kipas angin juga bisa mampu mengusir hawa panas tersebut. Namun bila menggunakan kipas angin tidak ada fitur yang bisa diinginkan seperti halnya yang terdapat pada AC.

Meski AC rumah bisa dibilang menyelamatkan anda dari suhu udara yang panas, bukan berarti anda harus menyalakannya sepanjang hari. Hal ini bila anda lakukan tentu akan membuat AC anda tidak akan berumur panjang. Sehingga akan menimbulkan kerusakan di mesinnya. Untuk itu perlu bagi anda mencari tips merawat serta menjaga AC supaya tetap awet dan tahan lama pastinya. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Tips pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengetahui ukuran PK dari AC yang akan anda beli.

Untuk mengetahui berapa ukuran yang pas untuk ruangan anda, maka anda juga harus mengukur ruangan tempat yang akan anda pasangi AC. Bila ukuran PK lebih besar dari ruangan yang dipasangi AC, maka AC akan terlalu dingin, begitu pula sebaliknya. PK yang terlalu kecil daripada ruangannya tentu akan membuat AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Bila hal itu terjadi bukan tidak mungkin, AC yang telah anda beli tidak akan berumur panjang. Maka penting bagi anda untuk mengetahui ukuran dari AC yang akan anda beli.

2. Menyalakan AC dengan kondisi ruangan tertutup.

Ini penting, karena dengan menutup ruangan ketika AC nyala akan membuat AC tidak terlalu bekerja keras untuk memberikan udara dingin di ruangan tersebut.

3. Matikan AC ketika meninggalkan ruangan dalam waktu lama.

Cara ini selain bisa membuat AC jadi hemat dan menjadi lebih awet juga efektif untuk menghemat biaya pengeluaran anda, khususnya tagihan listrik setiap bulannya.

Demikianlah tips yang diberikan untuk membuat AC tetap tahan lama dan awet sehingga tidak mudah rusak seperti yang anda inginkan.